Home > LiNuX (based on debian) > Cara Belajar Linux yg baik (Learning how-to learn)

Cara Belajar Linux yg baik (Learning how-to learn)

Semenjak lahir kita sebagai manusia sudah dibekali fasilitas oleh Allah SWT utk bisa terus-menerus melakukan proses “Learning” dalam setiap waktu pada kehidupan kita. Bahkan ketika kita bersekolah mulai TK s.d S-1 / S-2 / S-3 kita tetap melakukan proses “Learning” secara terus-menerus.
Setiap orang yg ingin mempelajari linux, biasanya akan banyak di-bingungkan oleh banyak kata-kata / istilah baru yg ada di linux, oleh karena itu sebelum mulai instalasi, langkah yang terbaika adalah banyak
mencari informasi tentang linux. Saya menyarankan anda untuk BANYAK MEMBACA bukan BANYAK BERTANYA (apalagi kalau kita belum berusaha menyelesaikan permasalahan tsb), karena orang yang banyak bertanya cenderung akan menggantungkan kesulitan/permasalahannya pada orang yang ditanya. Hal inilah yang menyebabkan diri kita menjadi kurang pede dalam menyelesaikan sesuatu.
Bertanya merupakan hal yang wajar dalam proses pembelajaran kita, tetapi bertanya yang saya anjurkan disini adalah bertanya ke milis
————– continue
kenapa saya menganjurkan untuk bertanya ke milis, bukan ke personal?

Jawabnya adalah ketika qta banyak bertanya ke personal, maka qta akan cenderung menggantungkan jawaban dari si personal tsb, berbeda halnya dengan bertanya pada milis, maka kita akan lebih terbuka wawasan kita karena jawaban yang diberikan oleh anggota milis sangat beragam, sehingga qta bisa memilih sendiri mana cara yang lebih enak untuk qta lakukan.

  1. fahrozy
    9 May 2008 at 4:46 am

    kk kirim kan caRA CEPAT BELAJAr linux
    suse …..

    ya kk plzs

    by zhi

  2. 10 May 2008 at 2:44 am

    ya…. tapi gimana caranya?

    saya pemula bgt…

  3. rizki
    20 July 2008 at 6:46 am

    i begin to start studying linux and i will
    be Rqman. if your name lukman to lqman so i’am rizki to be rqman. hi hi hi

    Jawab :
    Ok, I am Waiting for new LinuXeR here…
    Keep struggling bro…

  4. finza
    23 January 2009 at 9:44 am

    mas kulo nyuwon tolong aku pengen banget bisa linuk/debian tapi endak ngerti harus dari mn?nyuwon petunjuk’e lek ada kirimken teng email kulo vinzent_docter@plasa.com lek saget format PDF mator nuwon….

    Jawab :
    Waduh gmn klo googling aja mbak / mas. Internet saya lemot (kalo legal), g bisa kirim2 file besaaaar. 😀

  5. sum1
    31 January 2009 at 1:15 pm

    Internet saya lemot (kalo legal)
    kalo gak legal??

    Jawab :
    Saya tidak menyarankan yang tidak legal.
    Kalo gitu pake koneksi yang cepet saja.
    Sekali lagi, saya tidak menyarankan yang tidak legal, saya hanya menyarankan yang cepet. :mrgreen:

  6. Emylita ruas
    16 October 2010 at 3:44 am

    saya ingi blajar linux

    jawab :
    Langsung install aja dan gunakan sebagai OS sehari2 anda, jangan lupa baca manualnya yaaa…
    Selamat belajar, jgn lupa memulai menulis hasil2 pembelajaran anda, biar bisa lebih berguna bagi yg lainnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

